Aransemen Ala Musik Klasik

Kita tahu musik ini jenis musik klasik hanya dengan mendengarkan saja. Tetapi seperti apakah musik klasik itu ? Apakah ini berarti musik yang dibuat tahun 1800 – 1900 (era Handel – Beethoven) an saja ? Tidak juga. Ingat, pada jaman Beethoven hidup, musiknya disebut sebagai musik pop juga lho. Selain fakta itu. banyak juga komposisi musik jenis klasik yang dibuat saat ini masih banyak komposisi baru musik klasik yang dibuat belakangan ini. Samuel Barber membuat hitsnya Adagio for Strings untuk orkes gesek (strings orchestra) pada abad 20 ini.

Apakah kita bisa menamai musik sebagai musik klasik karena instrumen yang memainkannya ? Tidak tepat juga. Piano bisa dimainkan untuk musik klasik dan pop. Bahkan komposisi klasikConcerto Suite ciptaanYngwie Malmsteen menampilkangitar listrik sebagai instrumen utamanya ! Gitaris rock Yngwie Malmsteen memang pencinta musik klasik dan sering tampil bersama simfoni orkestra(orkestra lengkap) memainkan lagu-lagu Bach dan Beethoven.

Tetapi, memang umumnya gaya musik klasik dicirikan dengan penggunaan alat musik kuno (ditemukan sebelum abad 19) seperti biolin biola cello kontrabas (strings instruments), flute oboe clarinet basoon (woodwind instruments), trumpet trombone horn (brass instruments) dan perkusi : timpani, harpsichord, piano, dsb.

Apakah musik klasik mempunyai bentuk-bentuk dan pilihan nada (scale) tertentu ? Tidak juga.Memang pada awalnya, musik klasik memiliki bentuk-bentuk tertentu seperti sonata, dsb. Tetapi di abad 21 ini, bentuk musik klasik menjadi semakin bebas. Lagipula, sejak awalnya musik klasik sudah menggunakan berbagai scaleyang ada. Scale pentatonicgamelan menjadi top dan banyak dipakai komponis klasiksejakClaude Debussy menampilkan gamelan tahun 1889 di Paris. Scale yang umum digunakan jazzer untuk ber-improvisasi (ionian, dorian, lydian dsb.) bahkan sudah digunakan Bach dalam karya-karyanya.

Apakah musik klasik itu musik serius dan hanya untuk si jenius saja ? Tidak juga. Beberapa musik jazz juga sangat serius kompleks dalam pembuatannya. Selain itu, banyak penggila musik klasik yang tidak sejenius Einstein juga.

Leonard Bernstein dalam bukunya Young People’s Concerts, menyatakan bahwa penulis lagu klasik menuliskan not-not tertentu yang betul-betul dia inginkan. Dia juga menuliskan teknik permainan yang dia inginkan untuk not tersebut. Jika kita memainkan lagu beliau, maka kita harus mengikuti tanda-tanda yang diberikan oleh beliau. Inilah dia musik klasik. Kita tidak boleh mengubah partitur musik klasik sesuai mau kita. Kita harus memainkannya persis seperti ditulis oleh sang pengarangnya. Jadi musik klasik adalah ‘musik tepat’ (exact music).

Kita dapat menampilkan musik tradisional Indonesia Bolelebo dengan ribuan gaya yang berbeda. Tetapi kita tidak dapat memainkan Air on G String secara sembarangan dengan gaya musik yang berbeda dari maunya om Bach, sang penciptanya.

Saya pernah membaca (saya lupa tulisan siapa), bahwa kriteria pemusik klasik yang baik adalah dapat memainkan partitur seperti kehendak pengarangnya. Kriteria pemusik jazz yang baik adalah dapat memainkan partitur seperti kehendak hatinya (sang pemain yang sedang memainkannya) sendiri.

Bila kita berhasil memainkan laguBeethovenMoonlight Sonata persis seperti maunya Beethoven, maka kita disebut sebagai ‘good’,Tetapi bila kita memainkan lagu tadi tidak seperti maunyaBeethoven, maka kita ‘not good enough‘. Sebaliknya, bila kita berhasil memainkan karya musisi jazz Louis Armstrong When You’re Smiling dengan keunikan yang berbeda dengan bentuk aslinya, maka kita disebut ‘good jazzer’. Tetapi bila kita memainkannya sesuai gaya Louis Armstrong, maka kita akan diejek sebagai ‘sang peniru’.

Bagaimana membuat aransemen ala musik klasik ?

Memahami definisi musik klasik di atas, maka yang dinamakan sebagai aransemen musik klasik adalah aransemen yang : ditulis dengan exact (pasti) dan tidak boleh dimainkan sembarangan. Selain itu, sebaiknya juga menggunakan alat musik yang tua (biolin biola dsb.) untuk lebih menampilkan ciri musik klasiknya.

Bila saya meng-aransemen lagu Jali-jali untuk simfoni orkestra, apakah ini termasuk kategori aransemen musik klasik ? Ya tentu demikian. Semua not saya pilih secara exact dan para pemainnya tidak boleh sembarangan mengubahnya. Tetapi jika untuk band, saya tidak akan meng-aransemen lagu ini dengan agak bebas, dimana para pemain memiliki ruang untuk menambah variasi-variasi yang dapat memperkuat lagu.

Sebagai tambahan, agar aransemen kita semakin kental gaya musik klasiknya, kita dapat menggunakan teknik counterpoint nya Bach di lagu kita, atau meminjam paduan suara seriosa gereja, atau menggunakan harpa.Silahkan dicoba…