Kesenian Musik Kalimantan Selatan

Salah satu seni budaya musik dari banyak-Nya seni di negeri nusantara adalah Gamelan Banjar. Gamelan Banjar adalah alat musik tradisional kalimantan timur yang hidup dan berkembang dimasyarakat. Alat musik ini biasanya dimanfaatkan oleh suku Banjar untuk kesenian karawitan.

Asal muasal kesenian gamelan banjar ini menurut sejarah pada saat salah satu pangeran dari jawa berkunjung kekalimantan sekitar abad ke 14 sebagai hadiah, bersamaan dengan kesenian wayang dan alat militer (persenjataan keris) pada waktu itu. Maka dari itu kenapa dikalimantan terdapat atau diketemukan sebuah alat musik kesenian gamelan.
Negara atau kerajaan yang berhubungan dengan majapahit pada zaman itu ialah kerajaan Dipa, sehingga para masyarakat dan kalangan kerajaan (keraton) disuruh agar mempelajari kesenian gamelan tersebut dan kesenian musik gamelan banjar pun populer pada saat itu.

Kesenian Musik Panting.

Seni Musik Panting adalah sebuah kesenian alat musik dimana cara memainkan alat musik panting ini dengan metode petik. Jka anda semua tahu tentang gitar gambus? kalian bisa membayangkan-Nya seperti gitar gambus.
Seni musik panting hidup dan berkembang di kalimantan selatan, Panting ini ukuran bentuknya lebih kecil dari pada gitar gambus. Konon kata dari salah satu pemuka kesenian dari daerah daaerah tapin ini sejarah pertama kali yang menemukan bernama A.sabrani.
Sampai saat ini kesenian alat musik pating semakin digemari, dan sering digunakan untuk pentas-pentas oleh group-group dan disandingkan dengan alat musik tradisional maupun modern lain-Nya seperti Gong, Biola dan Orgen.
Para musisi musik panting ini memberikan kontribusi besar, bahwa selain untuk sarana hiburan mereka dalam menciptakan karya-karya lagu dengan memberikan pesan terhadap masyarakat yang isin-nya adalah tentang nasehat-nasehat positif.

Kesenian Musik Kurung-kurung.

Alat musik kurung-kurung adalah alat musik dari kalimantan selatan tepatnya di daerah kabupaten balangan. Kesenian Kurung-kurung cara pembuatan-Nya sebagian besar ialah dengan memanfaatkan kayu beserta bambu. Para masyarakat mumbudidayakan kesenian kurung-kurung ini secara turun temurun hingga saat ini. Dan cara memainkan alat musik ini adalah membentuk sebuah kelompok dengan masing-masng orang memegang alat musik kurung-kurung lalu mereka menghentakkan ke tanah secara bergantian, dan pada saat dihentak akan mengeluarkan bunyi khas yang indah dar lat musik kurung-kurung tersebut.

Kesenian Musik Kintung

Selanjutnya adalah alat musik kintung. Kesenian alat musik kintung sama dengan baris kedua tadi yaitu kesenian yang digunakan oleh suku Banjar. Selain Gamelan banjar suku banjar juga mempunyai kesenian alat musik Kintung tersebut.
Menurut salah seorang warga Astambul kesenian Kintung ini pada zaman dulu sudah diadakan sebuah festival alat musik kintung itu sendiri, dan didalam festival musik tersebut terdapat pertarungan dimana yang alat musik yang ia bawa pecah maka akan kalah.

Kesenian Musik Kuriding

Alat Musik Kuriding adalah sebuah alat musik yang digunakan oleh masyarakat Banjar dan Bakumpai.
Alat musik kuriding dibuat dengan kayu ulin dan kayu bambu. Cara memainkan alat musik kuriding ini konon sangat ekstrim, dan tantangan untuk belajar alat musik ini sangat luar biasa sulit.
Dan sampai saat ini para musisi ini semakin sedkit, alat musik ini dalam mempelajari menemukan tingkat bahaya yang mudah patah.

Cara memainkan alat musik Kuriding ini dengan metode tiup, dimana tangan kiri memegang tali kuriding.